Dalam bahasa pemrograman visual, ada istilah yang sering Anda dengar dengan sebutan Frame. Di Java, Frame merupakan window utama untuk meletakkan komponen – komponen visual lainnya seperti Button, Label, TextField dan lainnya. Kalau di VB.NET, saya rasa ketika Anda membuat new project pasti Frame-nya sudah muncul dan terbuat secara otomatis. Di Java pun, sebenarnya hal itu juga bisa Anda lakukan jika Anda membuat project untuk kategori swing application yang secara otomatis Frame akan terbuat sendirinya. Saya rasa hal itu sangatlah mudah untuk dilakukan bahkan seorang yang nggak kenal pemrograman pun pasti bisa membuatnya tinggal klak klik dah siap. Namun, kita sebagai programmer yang baru belajar hal tersebut sangatlah kurang memberikan pengalaman khususnya dalam pembelajaran ilmu pemrograman visual. Kecuali, kalau Anda memang ada project dari kantor atau skripsi yang memang dituntut untuk cepat siap baru bisa Anda gunakan kategori pembuatan project swing application.
Baik pada kesempatan ini saya membuatnya di IDE Eclipse dan memilih pembuatan new Java project. Di Java, untuk membuat komponen visual Anda bisa mengimport library Swing dan AWTnamun, yang kita pakai kali ini hanya Swing saja karena AWT merupakan library untuk event handler. Dan library Swing berada di javax.swing. Berikut ialah source code.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
// Membuat objek JFrame
JFrame frame =
new
JFrame();
// Menentukan title bar di Frame
frame.setTitle(
"Belajar JFrame"
);
// Menentukan ukuran Frame
frame.setSize(
400
,
200
);
// Membuat letak Frame berada di tengat ketika program dijalankan
frame.setLocationRelativeTo(
null
);
// Mengaktifkan event agar ketika frame di close maka, program akan berhenti
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
// [Optional] Untuk menonaktifkan button maximize di Frame
frame.setResizable(
false
);
// Aktifkan Visible Frame
frame.setVisible(
true
);
Penjelasan Kode :
-
Import javax.swing ialah Anda memanggil library swing.
-
JFrame frame = new JFrame() untuk membuat objek Jframe.
-
Kemudian, frame.setTitle untuk menentukan judul Frame di title bar.
-
Setelah itu, frame.setSize digunakan untuk menentukan ukuran Frame dengan bentuk paramteternya ialah setSize(panjang_sumbu_X, panjang_sumbu_Y).
-
Pada frame.setLocationRelativeTo berguna untuk membuat posisi Frame berada di tengah – tengah screen.
-
Agar Program benar – benar berhenti ketika tombol close di Frame di klik maka, gunakan frame.setDefaultOnClose(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
-
Dan ini bersifat optional, dimana jika Anda ingin mematikan tombol maximize di Frame maka, gunakan setResizable(false).
-
Dan yang terakhir, agar Frame Anda tampil ketika dijalankan maka, jangan pernah lupa untuk frame.setVisible(true)
Setelah membuat Frame berikutnya lanjut kita buat Label di dalam Frame.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
// Membuat Objek JLabel
JLabel label =
new
JLabel(
"Masukkan NIM"
);
// Menentukan layout Frame
frame.setLayout(
null
);
// Memasukkan Label ke dalam Frame
frame.add(label);
// Menentukan posisi label di dalam Frame. Menentukan Width dan Height
label.setBounds(
20
,
20
,
150
,
30
);
// 20 = posisi X; 20 = posisi Y; 100 = Width; 30; Height = 30
Penjelasan Kode :
-
import javax.swing.JLabel ialah untuk memanggil library JLabel di dalam Swing.
-
JLabel label = new JLabel(“Masukkan NIM”) untuk membuat Label dan berisi text “Masukkan NIM”.
-
Frame.add(label) berguna memasukkan label ke dalam Frame.
-
Label.setBounds(20, 20, 150, 30) untuk menentukan posisi label di dalam frame beserta width dan height.
Berikutnya, kita buat lagi TextField di dalam Frame.
1
2
3
4
5
6
7
8
// Membuat Objek TextField
JTextField textfield =
new
JTextField();
// Memasukkan TextField ke dalam Frame
frame.add(textfield);
// Menentukan posisi textfield di dalam Frame.
textfield.setBounds(
150
,
20
,
230
,
30
);
Penjelasan kode :
-
import javax.swing.JTextField untuk memanggil library JTextField didalam Swing.
-
JTextField textfield = new JTextField() untuk membuat objek TextField.
-
Frame.add(textfield) untuk memasukkan textfield ke dalam frame.
-
Textfield.setBounds(150, 20, 230, 30) untuk menentukan posisi textfield didalam frame beserta width dan height
Dan yang terakhir kita akan tambahkan sebuah Button di dalam Frame.
1
2
3
4
5
6
7
8
// Membuat Objek Button
JButton button =
new
JButton(
"Simpan"
);
// Memasukkan Button ke dalam Frame
frame.add(button);
// Menentukan posisi Button di dalam Frame
button.setBounds(
120
,
60
,
89
,
20
);
Penjelasan kode :
-
import javax.swing.JButton untuk memanggil library JButton di dalam Swing.
-
JButton button = new JButton(“Simpan”) untuk membuat Objek Button dengan text “Simpan”.
-
Frame.add(button) berguna untuk menambahkan button ke dalam Frame.
-
Button.setBounds(120, 60, 89, 20) untuk menentukan posisi Button di dalam Frame beserta width dan height.
Gimana, lumayan panjangkan kodenya. Tapi, nggak apa-apa. Di sini kita belajar mengenal kode pemrograman untuk visual. Misalnya, nanti ada ujian tes pemrograman visual tanpa interface GUI kan Anda sudah tahu kode – kode dibalik interface tersebut. Jadi, tidak takut lagi kalau ada ujian tes pemrograman visual tapi, menggunakan TextEditor Notepad/Notepad++.
Berikut ialah source code lengkapnya.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
import
javax.swing.JFrame;
import
javax.swing.JLabel;
import
javax.swing.JTextField;
import
javax.swing.JButton;
/**
*
* @author Yudi Setiawan
*
* Belajar JFrame
*
*/
public
class
BelajarFrame
{
public
static
void
main(String[] args)
{
// Membuat objek JFrame
JFrame frame =
new
JFrame();
// Menentukan title bar di Frame
frame.setTitle(
"Belajar JFrame"
);
// Menentukan ukuran Frame
frame.setSize(
400
,
200
);
// Membuat letak Frame berada di tengat ketika program dijalankan
frame.setLocationRelativeTo(
null
);
// Mengaktifkan event agar ketika frame di close maka, program akan berhenti
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
// [Optional] Untuk menonaktifkan button maximize di Frame
frame.setResizable(
false
);
// Aktifkan Visible Frame
frame.setVisible(
true
);
// Membuat Objek JLabel
JLabel label =
new
JLabel(
"Masukkan NIM"
);
// Menentukan layout Frame
frame.setLayout(
null
);
// Memasukkan Label ke dalam Frame
frame.add(label);
// Menentukan posisi label di dalam Frame. Menentukan Width dan Height
label.setBounds(
20
,
20
,
150
,
30
);
// 20 = posisi X; 20 = posisi Y; 100 = Width; 30; Height = 30
// Membuat Objek TextField
JTextField textfield =
new
JTextField();
// Memasukkan TextField ke dalam Frame
frame.add(textfield);
// Menentukan posisi textfield di dalam Frame.
textfield.setBounds(
150
,
20
,
230
,
30
);
// Membuat Objek Button
JButton button =
new
JButton(
"Simpan"
);
// Memasukkan Button ke dalam Frame
frame.add(button);
// Menentukan posisi Button di dalam Frame
button.setBounds(
120
,
60
,
89
,
20
);
}
}
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
| // Membuat objek JFrame JFrame frame = new JFrame(); // Menentukan title bar di Frame frame.setTitle( "Belajar JFrame" ); // Menentukan ukuran Frame frame.setSize( 400 , 200 ); // Membuat letak Frame berada di tengat ketika program dijalankan frame.setLocationRelativeTo( null ); // Mengaktifkan event agar ketika frame di close maka, program akan berhenti frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); // [Optional] Untuk menonaktifkan button maximize di Frame frame.setResizable( false ); // Aktifkan Visible Frame frame.setVisible( true ); |
Import javax.swing ialah Anda memanggil library swing.
JFrame frame = new JFrame() untuk membuat objek Jframe.
Kemudian, frame.setTitle untuk menentukan judul Frame di title bar.
Setelah itu, frame.setSize digunakan untuk menentukan ukuran Frame dengan bentuk paramteternya ialah setSize(panjang_sumbu_X, panjang_sumbu_Y).
Pada frame.setLocationRelativeTo berguna untuk membuat posisi Frame berada di tengah – tengah screen.
Agar Program benar – benar berhenti ketika tombol close di Frame di klik maka, gunakan frame.setDefaultOnClose(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
Dan ini bersifat optional, dimana jika Anda ingin mematikan tombol maximize di Frame maka, gunakan setResizable(false).
Dan yang terakhir, agar Frame Anda tampil ketika dijalankan maka, jangan pernah lupa untuk frame.setVisible(true)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
| // Membuat Objek JLabel JLabel label = new JLabel( "Masukkan NIM" ); // Menentukan layout Frame frame.setLayout( null ); // Memasukkan Label ke dalam Frame frame.add(label); // Menentukan posisi label di dalam Frame. Menentukan Width dan Height label.setBounds( 20 , 20 , 150 , 30 ); // 20 = posisi X; 20 = posisi Y; 100 = Width; 30; Height = 30 |
import javax.swing.JLabel ialah untuk memanggil library JLabel di dalam Swing.
JLabel label = new JLabel(“Masukkan NIM”) untuk membuat Label dan berisi text “Masukkan NIM”.
Frame.add(label) berguna memasukkan label ke dalam Frame.
Label.setBounds(20, 20, 150, 30) untuk menentukan posisi label di dalam frame beserta width dan height.
1
2
3
4
5
6
7
8
| // Membuat Objek TextField JTextField textfield = new JTextField(); // Memasukkan TextField ke dalam Frame frame.add(textfield); // Menentukan posisi textfield di dalam Frame. textfield.setBounds( 150 , 20 , 230 , 30 ); |
import javax.swing.JTextField untuk memanggil library JTextField didalam Swing.
JTextField textfield = new JTextField() untuk membuat objek TextField.
Frame.add(textfield) untuk memasukkan textfield ke dalam frame.
Textfield.setBounds(150, 20, 230, 30) untuk menentukan posisi textfield didalam frame beserta width dan height
1
2
3
4
5
6
7
8
| // Membuat Objek Button JButton button = new JButton( "Simpan" ); // Memasukkan Button ke dalam Frame frame.add(button); // Menentukan posisi Button di dalam Frame button.setBounds( 120 , 60 , 89 , 20 ); |
import javax.swing.JButton untuk memanggil library JButton di dalam Swing.
JButton button = new JButton(“Simpan”) untuk membuat Objek Button dengan text “Simpan”.
Frame.add(button) berguna untuk menambahkan button ke dalam Frame.
Button.setBounds(120, 60, 89, 20) untuk menentukan posisi Button di dalam Frame beserta width dan height.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
| import javax.swing.JFrame; import javax.swing.JLabel; import javax.swing.JTextField; import javax.swing.JButton; /** * * @author Yudi Setiawan * * Belajar JFrame * */ public class BelajarFrame { public static void main(String[] args) { // Membuat objek JFrame JFrame frame = new JFrame(); // Menentukan title bar di Frame frame.setTitle( "Belajar JFrame" ); // Menentukan ukuran Frame frame.setSize( 400 , 200 ); // Membuat letak Frame berada di tengat ketika program dijalankan frame.setLocationRelativeTo( null ); // Mengaktifkan event agar ketika frame di close maka, program akan berhenti frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); // [Optional] Untuk menonaktifkan button maximize di Frame frame.setResizable( false ); // Aktifkan Visible Frame frame.setVisible( true ); // Membuat Objek JLabel JLabel label = new JLabel( "Masukkan NIM" ); // Menentukan layout Frame frame.setLayout( null ); // Memasukkan Label ke dalam Frame frame.add(label); // Menentukan posisi label di dalam Frame. Menentukan Width dan Height label.setBounds( 20 , 20 , 150 , 30 ); // 20 = posisi X; 20 = posisi Y; 100 = Width; 30; Height = 30 // Membuat Objek TextField JTextField textfield = new JTextField(); // Memasukkan TextField ke dalam Frame frame.add(textfield); // Menentukan posisi textfield di dalam Frame. textfield.setBounds( 150 , 20 , 230 , 30 ); // Membuat Objek Button JButton button = new JButton( "Simpan" ); // Memasukkan Button ke dalam Frame frame.add(button); // Menentukan posisi Button di dalam Frame button.setBounds( 120 , 60 , 89 , 20 ); } }
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar