Pada tutorial, ini saya berusaha mengajari Anda secara lebih keras lagi agar Anda mempunyai bekal ilmu dasar yang kuat di ilmu pemrograman visual. Kebanyakan di luar sana, programmer pemula seperti Anda ini akan merasa males kalau sudah ketemu yang namanya itu pemrograman visual tanpa interface GUI. Padahal, sebenarnya pemrograman visual itu juga penting Anda pelajari untuk mengetahui kode – kode objek visualnya seperti, Button, Label, Frame, Panel dan lainnya. Ingat, kondisi Anda saat ini ialah dalam proses belajar bukan dalam suatu tuntutan pekerjaan yang harus cepat siap. Karena, yang
namanya pemrograman visual pasti dibalik tampilannya yang cantik terdapat baris – baris kode yang panjang.
Ok, tanpa buang – buang waktu lagi langsung saja masuk ke programnya. Ingat, pada tutorial ini saya ajarkan Anda secara full coding tanpa interface GUI sedikit pun. Pada tutorial ini, saya membuatnya di IDE JCreator. Oya, kode – kode pemrograman pada tutorial ini sudah ada sebagian yang saya jelaskan pada tutorial sebelumnya, Jadi, kode – kode tersebut tidak akan saya bahas lagi. Yang saya bahas di sini ialah kode – kode baru seperti, Event handler untuk Button.
- Buatlah Frame, Label, TextField dan Button seperti kode berikut.12345678910111213
// Buat Objek Frame
static
JFrame frame =
new
JFrame();
// Buat Objek Label
static
JLabel lblUsername =
new
JLabel(
"Username"
);
static
JLabel lblPasswd =
new
JLabel(
"Password"
);
// Buat Objek TextField dan PasswordField
static
JTextField txtUsername =
new
JTextField();
static
JPasswordField txtPasswd =
new
JPasswordField();
// Buat Button Masuk
static
JButton btnMasuk =
new
JButton(
"Masuk"
);
1234567891011121314151617181920212223242526272829303132333435// Tentukan Judul di title bar Frame
frame.setTitle(
"Menu Login Sederhana"
);
// Tentukan ukuran frame
frame.setSize(
250
,
140
);
// Set posisi frame berada di tengah layar
frame.setLocationRelativeTo(
null
);
// [Optional] Matikan tombol maximize di frame
frame.setResizable(
false
);
// Set Program agar berhenti ketika tombol close di frame di klik
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
// Set Visible frame agar Frame muncul ketika program di running
frame.setVisible(
true
);
// Set Layout Frame
frame.setLayout(
null
);
// Memasukkan komponen Label, TextField dan Button ke dalam Frame
frame.add(lblUsername);
frame.add(lblPasswd);
frame.add(txtUsername);
frame.add(txtPasswd);
frame.add(btnMasuk);
// Menentukan posisi komponen Label, TextField dan Button di dalam Frame menggunakan koordinat X dan Y
lblUsername.setBounds(
20
,
20
,
100
,
20
);
lblPasswd.setBounds(
20
,
50
,
100
,
20
);
txtUsername.setBounds(
100
,
20
,
130
,
20
);
txtPasswd.setBounds(
100
,
50
,
130
,
20
);
btnMasuk.setBounds(
20
,
80
,
75
,
20
);
- Buatlah Event Handler untuk Button seperti kode berikut.123456789101112131415161718192021222324252627282930
// Event untuk Button Masuk menerima klik mouse
btnMasuk.addActionListener(
new
ActionListener()
{
public
void
actionPerformed(ActionEvent e)
{
// Mengambil nilai txtUsername
String username = txtUsername.getText().toString();
String passwd = txtPasswd.getText().toString();
if
(username.equals(
"admin"
) && passwd.equals(
"admin"
))
{
JOptionPane.showMessageDialog(
null
,
"Anda berhasil login"
);
}
else
{
JOptionPane.showMessageDialog(
null
,
"Username/Password Anda salah!!!"
);
// Untuk membatasi kesalahan user dalam melakukan login
count++;
}
if
(count ==
3
)
{
JOptionPane.showMessageDialog(
null
,
"Anda sudah gagal Login sebanyak 3 kali. Harap coba lagi nanti . . ."
);
System.exit(
1
);
}
}
});
Penjelasan kode:
- addActionListener berfungsi untuk menambahkan Event Mouse pada Button Masuk.
- actionPerformed(ActionEvent e) untuk menambahkan Aksi yang akan dilakukan jika Button Masuk di klik. Ini merupakan satu paket denganaddActionListener.
- Terlihat pada kode diatas, bahwa user akan berhasil login jika Username dan Password ialah “admin” (tanpa tanda kutip).
- Jika, user gagal login sebanyak 3 kali maka program secara otomatis akan berhenti. Dan menampilkan pesan kepada user bahwa Anda harus coba lagi nanti.
Lumayan gampangkan… Anda bisa modifikasi program dibawah ini dengan cara menambahkan konsep OOP. Jadi, jika user berhasil login maka, Akan muncul Frame baru dengan tampilan agar user memasukkan namanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar